Khutbah Jum'at Jangan Pernah Menyerah


JANGAN PERNAH MENYERAH
OLEH RAMLI ABDULLAH

Kaum muslimin Jamaah Jumat yang berbahagia
Liku-liku kehidupan seringkali berjalan tak seiring dengan harapan, apa yang kita cita-citakan sering tak seperti dalam kenyataan, susah dan senang, bahagia dan sengsara, senyum dan air mata sering datang bergantian bagaikan perputaran siang dan malam. Dikorbankan, dihinakan, dihianati seperti mujur yang tak dapat diraih malang tak dapat ditolak.
Kaum muslimin Jamaah Jumat yang berbahagia
Sejarah manusia berjalan bukan berdasarkan sebuah tebakan, tapi berjalan berdasarkan proses berjalannya waktu dan masa. Maka sejarah akan berjalan seiring dengan sejauh mana seseorang berjalan dijalan yang benar, walaupun dengan kebenaran itu dia harus terbuang dan dicampakkan dalam satu masa dan waktu, yang jelas semakin jauh dia dhinakan, semakin lama dia dicampakkan maka semikin tinggi kemuliaan yang akan dia terima. Bila kita baca sejarah orang orang-orang yang sukses dalam sejarah kehidupannya selalu saja banyak mengalami masa-masa sulit bahkan masuk penjara, Nabi Yusuf As dimusuhi oleh saudara-saudaranya sendiri karena iri sehingga diceburkan kedalam sumur, tapi diselamatkan oleh Allah, tidak sampai disitu dia difitnah berbuat maksiat dengan siti zulaikha sehingga harus masuk kedalam penjara, bahkan nabi Yusuf berkata sebagaimana yang diceritakan dalam al_Qur’an :
قَالَ رَبِّ السِّجْنُ أَحَبُّ إِلَيَّ مِمَّا يَدْعُونَنِي إِلَيْهِ وَإِلَّا تَصْرِفْ عَنِّي كَيْدَهُنَّ أَصْبُ إِلَيْهِنَّ وَأَكُنْ مِنَ الْجَاهِلِينَ
Yusuf berkata: “Wahai Tuhanku, penjara lebih aku sukai daripada memenuhi ajakan mereka kepadaku. Dan jika tidak Engkau hindarkan daripadaku tipu daya mereka, tentu aku akan cenderung untuk (memenuhi keinginan mereka) dan tentulah aku termasuk orang-orang yang bodoh.” (QS. Yusuf ayat 33)
namun kemudian kebenaran terungkap Nabi Yusuf bebas pada akhirnya diangkat menjadi menteri ketika itu. kita ingat Nelson Mandela yang berjuang untuk menentang politik apartheid untuk itu dia harus mendekam didalam penjara selama 27 tahun, kemudian dia bebas dan pada akhirnya menjadi Presiden Aprika Selatan. Benazir Bhuto ayahnya dihukum gantung kemudian dia dimusuhi bahkan sampai diasingkan ke inggris namun dia tetap teguh untuk berjuang pada akhirnya tampil sebagai pemimpin, Muhammad Bin Hambal yang begitu teguh mempertahankan pendiriannya sampai harus masuk penjara namun pada akhirnya dia menjadi guru para ulama-ulama yang lainnya, Tan Hok Liang alias anton medan seorang penjahat yang sudah puluhan kali keluar masuk penjara, membunuh, merampok, pengedar narkoba, bandar judi, kemudian mendaptkan hidayah Allah masuk Islam , kini mengganti namaya Muhammad Ramdhan Effendi hadir sabagai sosok seorang ustaz
Kaum muslimin Jamaah Jumat yang berbahagia
Dari kisah diatas dapat kita ambil hikmah bahwa mutiara tetaplah mutiara, emas tetaplah emas, intan tetaplah intan, dimanapun dia berada dia tetaplah akan dicari, walaupun didasar lautan, didalam kubangan lumpur atau mungkin dipuncak gunung. Oleh karenanya kita tidak boleh patah semangat apalagi sampai berputus asa. Perlu kita yakini bahwa jika kita pernah mengalami kegagalan haruslah mampu membuat kita lebih tegar didalam mejalani kehidupan ini, dengan tempaan itu kita menjadi lebih optimis untuk menggapai masa depan yang lebih baik. Jiwa kita semakin kuat, keimanan kita semakin mantap, apapun tantangan dan rintangan yang akan menghadang saya yakin kita pasti dapat melaluinya dengan baik.
Thomas Alva Edison sang penemu lampu 700 kali mencoba menyalakan lampu. Assistennya bilang : “Sudahlah, memang tidak akan berhasil”. Thomas alva Edison menjawab : “Tidak, saya sudah menemukan 700 alasan mengapa tidak berhasil menyala..” Akhirnya lampu dengan kawat pijar Tungsram menyalakan lampunya. Thomas Alfa Edison menemukan lebih dari 1000 paten dalam hidupnya dan sampai saat ini tidak ada praktisi ilmuwan yang ketika kecilnya dianggap idiot itu melebihi keberhasilan melakukan penemuan.
Kaum muslimin Jamaah Jumat yang berbahagia
Yang jelas selaku orang yang beriman kita harus berprasangka baik kepada Allah, apapun yang menimpa pastilah itu yang terbaik buat kita, karena dibalik semua yang kita alami pastilah ada rahasia yang belum terungkap, tugas kita adalah mengungkap rahasia itu. didalam al-Qur’an Allah berfirman : (al-Baqoroh, 216)
وعسى ان تكرهواشيا وهوخيرلكم وعسى ان تحبوا شيا وهوشرلكم والله يعلم وانتم لاتعلمون
“ Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui
Kaum muslimin Jamaah Jumat yang berbahagia
Apapun peristiwanya yang menyebabkan kita gagal biarlah itu menjadi catatan pribadi kita, sejarah akan terus berubah setiap saat dan waktu, jangan biarkan siapapun menghambat niat kita untuk menjadi yang terbaik, biarkanlah orang dengan penilaiannya masing-masing terhadap diri kita. Yang terpenting adalah pandangan Allah, karena sesungguhnya kita berjalan atas kudrat dan iradat Allah, mari kita mandi dengan air taubat, berenang disungai istighfar, bersabunkan tasbih, bersisirkan takbir, berkendaraan taqwa, berjalan dijalan tauhid, bermesinkan sholat, dengan memperhatikan rambu-rambu al-Qur’an dan hadits, menuju samudera kebahagiaan dan kenikmatan yang kekal yaitu syurga. Ketika kita lahir dalam keadaan menangis, dan orang-orang disekitar kita tersenyum, maka jadikanlah kematian membuat kita tersenyum dan orang-orang di sekitar kita menangis.
Kaum muslimin Jamaah Jumat yang berbahagia
Selaku orang yang beriman kita harus yakin bahwa kasih sayang Allah itu amatlah besar, sebesar apapun dosa yang kita lakukan pengampunan Allah jauh lebih besar daripada itu, maka dalam gerak langkah taubat adalah sebuah keniscayaan, maka setiap insan yang beriman tidak mengenal yang namanya putus asa, Dalam permainan yang namanya berhasil dan gagal, menang dan kalah tentu ada. Bahkan banyak yang berkata bahwa “”.Kita boleh gagal, kita boleh salah, pun boleh tertimpa musibah. Namun kita tidak boleh kalah. Setiap kegagalan hendaknya kita jadikan cemeti untuk membangkitkan semangat baru. Kita harus tetap melawan, menembus gelap, supaya kita bisa menjemput fajar. Sebab keberhasilah adalah piala yang direbut, bukan kado yang dihadiahkan begitu saja. Sedangkan menyerah dalam keputusasaan bukanlah bagian dari proses memperebutkan keberhasilan itu. Bahkan ia adalah racun yang menggerogoti cita-cita. Pepatah arab mengatakan :
لولا المشقة لاسعاد الناس كله
Seandainya tidak ada kesulitan, maka seluruh manusia tentunya akan menjadi mulia. Sebuah kata-kata hikmah menjelaskan bahwa derajat suatu kaum akan ditentukan sejauh mana mereka mampu mengambil kearifan-kearifan baru setelah melewati berbagai rintangan dan kegagalan. Masa depan yang cerah selalu bergantung pada masa lalu yang dilupakan
Didalam Al-Qur’an Allah berfirman
ان الله لايغيرما بقوم حتى يغيروما بانفسهم
Sesungguhnya Allah tidak merubah masib suatu kaum kecuali kaum itu yang merubah nasibnya sendiri.
Kaum muslimin jamaah jumat yang dirahmati Allah
Diakhir khutbah ini, saya mengajak kepada kita semua untuk tampil menjadi yang terbaik, jika ada air mata yang harus dikeluarkan biarkanlah dia keluar, tapi yang perlu kita cucurkan adalah keringat dari pori-pori pada tubuh kita, jika kita ingin menaiki tangga jangan dilihat sejauh apa tingginya tangga itu, tapi mulailah menaikinya satu demi satu karena kita akan melihat betapa luar biasanya kemampuan kita. Kita diciptakan dua telinga yang terletak dikiri dan kanan agar mampu mendengar informasi dari semua arah, kita diciptakan dua mata yang letaknya didepan, maka jangan malu melihat kebelakang, tapi tariklah ia untuk dibawa ke masa depan, kita diciptakan dua tangan untuk meraih dan dan menggapai semua harapan, kita diciptakan dua kaki bergeraklah kesemua penjuru bumi ini, agar dapat mengambil semua kesempatan, kita diciptakan hanya satu mulut artinya banyaklah bekerja daripada berbicara.
Demikianlah khutbah kita kali ini semua semoga masa lalu tetaplah menjadi kenangan, masa sekarang adalah perjuangan dan masa depan adalah harapa. Semoga perjuangan hari ini menjadi kecerahan dimasa yang akan datang.
بارك الله لىولكم فىالقران العظيم ونفعنى واياكم بما فيه من الا يات والذكرالحكيم وتقبل منىومنكم تلاوته انه هوالسميع العليم اقول
قولى هذا واستغفرالله العظيم لى ولكم ولسائرالمسلمين والمسلمات والمؤمنين والمؤمنات فاستغفروه انه هوالغفورالرحيم


Share this post :

Posting Komentar

Berita Lainnya

Kutipan


"Niat adalah ukuran dalam menilai benarnya suatu perbuatan, oleh karenanya, ketika niatnya benar, maka perbuatan itu benar, dan jika niatnya buruk, maka perbuatan itu buruk (Imam An Nawawi)"



Get this widget!
 
Support : Creating Website | Doni Ari Efendi,S.Pd.I
Copyright © 2015. Bidang Penais, Zakat dan Wakaf

Proudly powered by Blogger